Thursday 30 November 2017

ULASAN 2 - Cloud Computing


Pada ulasan kedua, saya akan mengulas tentang video berjudul “Cloud Computing Fundamentals” yang beralamat https://youtu.be/uroryFU78gM. Video ini diunggah oleh akun bernama SUSE pada tanggal 17 Desember 2015. Video ini telah ditonton sebanyak 16.284 kali sampai saya menulis ulasan ini. Video berdurasi 5 menit 50 detik ini berisi penjelasan mengenai cloud computing.
Menurut video ini, cloud computing adalah sebuah model yang memungkinkan kemudahan akses on-demand dari mana saja sebagai tempat berbagi sumber daya komputasi bersama. Sumber daya yang dimaksud adalah seperti server, storage, networking, application, dan service. Model ini memiliki 5 karakteristik, yaitu: On-Demand Self-Service, Broad Network Access, Resource Pooling, Rapid Elasticity, dan Metering. Biasanya pengguna akan memilih satu dari tiga pilihan untuk cloud deployment mereka, yaitu secara private, public atau hybrid. Melalui pilihan tersebut, pelanggan dapat memilih 3 jenis layanan, yaitu SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), atau IaaS (Infrastructure as a Service).

Menurut saya, video ini sangat informatif. Video ini mudah dimengerti oleh orang awam karena dalam penyajiannya menggunakan animasi yang bagus dan tidak bertele-tele. Video ini sangat cocok bagi orang-orang yang baru saja tertarik kepada cloud computing karena video ini menawarkan pengertian dasar cloud computing.

Github Account : hafiznr
URL Ulasan : http://auliahafiznr.blogspot.co.id/2017/11/ulasan-2-cloud-computing.html
URL Video : https://youtu.be/uroryFU78gM (Durasi: 5 menit 50 detik)
Video Author : SUSE
Pemetaan: week10
Revisi Pertama: 1 Desember 2017
Revisi Terakhir: 1 Desember 2017

No comments:

Post a Comment